memasang keramik

memasang keramik

Pemasangan keramik di kamar mandi memang tidak bisa disamakan dengan memasang keramik disudut rumah lainnya seperti kamar atau dapur. Kamar mandi sendiri memiliki kondisi yang lebih lembab dan basah sehingga memerlukan perhatian khusus dalam proses pembangunannya agar  bisa awet.

Keramik banyak dipilih entah untuk lantai atau dipasang pada tembok kamar mandi. Hal ini dikarenakan tekstur dari keramik yang keras dan tidak bisa lapuk dirasa sangat cocok digunakan untuk kamar mandi. Jika anda menggunakan bahan dari kayu untuk kamar mandi maka dalam waktu 2/3 tahunan akan mengalami kelapukan dan tidak awet.

Pemasangan keramik di kamar mandi sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja anda perlu tahu terlebih dahulu apa saja yang harus diperhatikan dalam pemasangan keramik dikamar mandi. Jika salah dalam pemasangan keramik bisa jadi keramik yang dipasang tidak akan bertahan lama seperti pecah, dll. Untuk itu pahami dulu penjelasan berikut ini agar keramik kamar mandimu lebih awet.

5 Hal Penting Dalam Memasang Keramik Kamar Mandi

Pemilihan keramik

Dalam memilih keramik untuk kamar mandi tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan kondisi kamar mandi yang lembab dan basah. Jangan memilih keramik yang licin, lebih baik memilih keramik yang bertekstur. Kondisi kamar mandi yang sering lembab ini bisa membuat lantai keramik menjadi licin. Ketika anda tidak berhati-hati bisa jadi akan terpleset dan jatuh. Tentunya hal tersebut akan menganggu kesehatan tubuh seperti patah tulang, kesleo dan sebagainya. Bahkan sudah banyak kasus orang meninggal dikarenakan terpleset dari kamar mandi. Jadi jangan sampai salah pilih keramik untuk kamar mandi.

Titik awal pemasangan

Dalam melakukan pemasangan keramik menentukan titik awal sangatlah penting. Ketika salah dalam menentukan titik awal pemasangan akan mengakibatkan permukaan keramik yang sudah dipasang menjadi bergelombang dan tidak rata. Dalam hitungan waktu singkat keramik tersebut akan rusak dan pecah. Maka dari itu penting untuk mengukur luas kamar mandi dengan benar, menentukan ukuran keramik serta arah dari buangan potongan keramik.

Penggunaan nat

Keramik memang dipasang saling berjarak dengan keramik lain. Jarak yang ada dalam pemasangan keramik inilah yang dinamakan dengan nat. Nat ini memiliki fungsi untuk mencegah air merembes apalagi ditempat lembab seperti kamar mandi. Untuk itu pemasangan nat harus perhatikan dengan betul agar tidak membuat air merembes. Salah satu yang harus diperhatikan dalam pemasangan nat ialah ketebalan pengisian nat. Untuk lantai sendiri lebih baik pengisian nat setebal 3 mm agar nantinya mudah untuk dibersihkan.

Rendam keramik terlebih dahulu

Dalam memudahkan memasang keramik sebenarnya banyak tips and trick yang bisa dicoba. Salah satu cara yang banyak digunakan agar keramik mudah dipasang yaitu dengan merendam keramik terlebih dahulu. Perendaman yang dilakukan ini agar pori-pori yang ada dalam keramik dapat menyerap air. Ketika pori-pori keramik menyerap air ini dapat membuat keramik menjadi lentur dan tidak licin saat dipasang.

Potongan Keramik

Pemasangan keramik pada umumnya memang tidak semuanya dipasang secara utuh karena menyesuaikan dengan ukuran lantai serta desain. Maka dari itu keramik-keramik tersebut harus dipotong mengikuti pola dan kebutuhan. Dalam pemotongan ini pastikan bahwa keramik terpotong dengan rapi agar terlihat bagus. Agar mendapatkan potongan keramik yang bagus maka anda bisa menggunakan jasa potongkeramik.com karena sudah berpengalaman dalam memotong keramik baik untuk skala perusahaan ataupun rumah.

Itulah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam memasang keramik dikamar mandi. Jangan sampai salah melalukan pemasangan keramik karena sayang sekali jika sudah mengeluarkan uang yang banyak tetapi keramik tidak awet.

Open chat